Salah satu hambatan dalam pembuatan sertifikat tanah adalah biayanya yang besar. Kesan yang timbul di masyarakat dalam proses pembuatan sertifikat tanah adalah prosedurnya yang rumit, lamanya waktu sertifikat diterbitkan, hingga biaya yang sangat mahal. Padahal, jika dilakukan dengan benar tanpa menggunakan bantuan calo, Anda bisa menghemat biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa calo. Anda juga bisa mengajukan permohonan pembuatan sertifikat tanah melalui PPAT yang sudah berlisensi, salah satunya adalah Jasahukum.id yang memberikan jasa pembuatan sertifikat tanah dengan biaya buat sertifikat tanah yang sesuai dengan aturan, jelas rinciannya, bahkan bisa diangsur.

Faktor yang mempengaruhi biaya sertifikat tanah

Ada beberapa hal yang membuat biaya buat sertifikat tanah pada masing-masing pemohon berbeda. Faktor yang pertama tentu saja adalah luas dari tanah yang akan dibuat sertifikatnya, makin luas tanahnya maka makin tinggi biaya sertifikatnya. Yang kedua adalah lokasi dari tanah tersebut, di mana tanah yang berlokasi di tempat strategis misalnya di kota besar, dekat dengan tempat wisata, maupun di daerah yang berkembang maka harga tanahnya juga lebih tinggi. Karena harga tanah yang lebih tinggi inilah perhitungan biaya sertifikat tanahnya juga bisa jadi tinggi. Dan faktor yang ketiga adalah poin-poin perhitungan yang sudah memiliki dasar hukumnya di PP no. 13 tahun 2010 yang antara lain terdiri dari:

  1. Biaya pengukuran

  2. Biaya pendaftaran tanah pertama kali

  3. Biaya transportasi dan makan petugas pengukur.

Yang membuat biaya sertifikat tanah jadi super mahal

Jika sudah ada standar perhitungannya, lalu apa yang membuat biaya buat sertifikat tanah kadang tidak masuk akal tingginya? Kuncinya ada di kewaspadaan Anda dalam mengurus sertifikat tanah, sebaiknya mengurus sendiri dan tidak menggunakan calo. Calo sertifikat tanah mungkin memang bisa membantu Anda untuk berurusan dengan birokrasi yang rumit tapi biaya jasa calo biasanya sangat tinggi dengan berbagai macam alasan dan faktor-faktor yang seharusnya tidak menjadi faktor perhitungan biaya sertifikat tanah. Anda juga harus memahami prosedur perhitungan sertifikat tanah yang benar agar tidak mudah tertipu dengan oknum yang nakal.

Jasahukum.id adalah jasa pembuat sertifikat tanah yang resmi dan sah secara hukum yang bisa Anda andalkan untuk membantu pembuatan sertifikat tanah yang benar. Kami mematok biaya buat sertifikat tanah yang jelas, ada rinciannya, transparan, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Anda juga bisa dengan mudah melakukan pembayaran dengan berbagai macam metode yang tersedia bahkan kami juga memberikan keringanan untuk pembayaran dengan cara diangsur. Hanya percayakan kepada jasa pembuat sertifikat tanah yang berlisensi dan memiliki wewenang yang jelas untuk menerbitkan dokumen yang legal, agar di masa yang akan datang tidak ada sengketa yang mengganggu kepemilikan tanah Anda.

Whatsapp Kami