Tidak semua lulusan hukum ingin menjadi pengacara, jaksa, atau bahkan hakim sekalipun. Jika Anda ingin profesi yang tantangannya tidak terlalu tinggi namun tetap dekat dengan dunia hukum yang menjadi latar belakang pendidikan tinggi Anda, notaris bisa menjadi profesi pilihan ketika Anda lulus dari fakultas hukum nanti. Jasahukum.id membuka lowongan magang bagi lulusan fakultas hukum universitas manapun baik negeri maupun swasta, baik di dalam maupun dari luar negeri yang ingin memiliki pengalaman di dunia kenotarisan. Jasahukum.id adalah kantor penyedia layanan hukum yang saat ini sedang berkembang dalam memberikan pelayanan pengurusan surat-surat legalitas dokumen dan juga akta-kata yang menjadi wewenang dari seorang notaris. Magang notaris di Jasahukum.id bisa memberikan Anda pengalaman yang berguna untuk karir di masa depan nantinya.

Tugas seorang notaris

Notaris adalah profesi yang memiliki lisensi hukum yang ditetapkan dan dikeluarkan oleh pemerintah sehingga seorang notaris memiliki wewenang untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan hukum. Tugas seorang notaris antara lain adalah menandatangani dokumen-dokumen legal, membuat berbagai macam akta otentik misalnya sesuai dengan surat perjanjian, atau fotokopi dari surat yang asli. Notaris juga memiliki wewenang untuk membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan misalnya akta jual beli, akta hibah, akta waris, dan sebagainya. Notaris akan lebih banyak berhubungan dengan administrasi dan melakukan legalisir berdasarkan permintaan klien.

Di Jasahukum.id sendiri, layanan yang diberikan oleh seorang notaris meliputi antara lain:

  • Pembuatan akta pendirian, perubahan, pembubaran badan hukum untuk PT, CV, firma, yayasan, dan koperasi

  • Pembuatan jual beli saham

  • Legalisasi surat-surat berharga, misalnya surat perjanjian

  • Pembuatan surat perjanjian sah yang isinya tidak menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia

  • Dan pembuatan akta maupun surat lainnya termasuk akta perjanjian pra nikah.

Keuntungan menjadi seorang notaris

Meski bagi sebagian orang menjadi notaris tidak sekeren menjadi pengacara atau advokat, notaris sebenarnya adalah salah satu profesi yang ada duluan alias profesi yang paling tua di bidang hukum dan sudah ada sejak peradaban yang lalu. Selain itu ada banyak keuntungan menjadi notaris yang bisa membuat Anda makin mantap ikut magang notaris di Jasahukum.id, di antaranya adalah:

  • Notaris adalah profesi yang netral alias tidak berpihak di mana ia berkedudukan di masyarakat sebagai wakil pemerintah dalam wewenangnya untuk melegalkan dokumen sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

  • Notaris akan memiliki kantor sendiri di mana ia akan ditempatkan di wilayah yang membutuhkan jasa notaris sehingga tidak ada persaingan profesi di mana notaris dalam satu wilayah akan saling berebut klien karena penempatannya akan diratakan.
  • Notaris tidak akan sepi klien karena kebutuhan masyarakat akan legalitas dokumen tetap tinggi misalnya untuk status badan hukum, akta jual beli, dan sebagainya.
  • Magang notaris juga akan mempersiapkan Anda menjadi seorang notaris yang akan mendapatkan kesejahteraan yang cukup untuk biaya hidup.
Whatsapp Kami